Logo Bloomberg Technoz

Serangan Udara AS dan Inggris Hantam Delapan Target Houthi

News
23 January 2024 07:30

Houthi menaiki kapal Galaxy Leader di Laut Merah pada 20 November 2023. (Fotografer: Handout/Getty Images)
Houthi menaiki kapal Galaxy Leader di Laut Merah pada 20 November 2023. (Fotografer: Handout/Getty Images)

Peter Martin - Bloomberg News

Bloomberg, Amerika Serikat dan Inggris melancarkan serangan udara baru terhadap delapan target Houthi di Yaman pada Senin (22/1). Ini merupakan serangan terbaru dalam upaya sekutu untuk menghentikan kelompok tersebut dalam aktivitas pelayaran komersial di Laut Merah.

Serangan Senin malam, yang menandai putaran kedelapan serangan sekutu dalam 12 hari, menargetkan sebuah lokasi penyimpanan bawah tanah dan lokasi-lokasi yang terkait dengan "kemampuan rudal dan pengawasan udara" Houthi," kata kedua negara tersebut dalam sebuah pernyataan bersama dengan mitranya, Australia, Bahrain, Kanada, dan Belanda. Dikatakan bahwa serangan tersebut dimaksudkan untuk "mengganggu dan menurunkan" kemampuan Houthi.

Serangan udara tersebut merupakan yang paling signifikan dalam serangkaian serangan sejak gelombang pertama peluncuran rudal dan Tomahawk oleh AS dan Inggris pada dini hari tanggal 12 Januari terhadap Houthi, yang telah menyebabkan kekacauan bagi para pengirim barang di seluruh dunia dan mengganggu lalu lintas melalui jalur air yang sebelumnya menyumbang 12% dari perdagangan global. Sejak saat itu, kelompok tersebut, yang menerima dukungan finansial dari Iran, telah bersumpah untuk meningkatkan serangannya.

Serangan Houthi--yang diluncurkan untuk memprotes pemboman Israel di Jalur Gaza--dan respons sekutu telah memicu kekhawatiran bahwa AS akan semakin terlibat dalam konflik di Timur Tengah dan memprovokasi perang regional yang lebih luas.