Logo Bloomberg Technoz

Rusia Pemasok Minyak Terbesar China Pertama Kalinya Sejak 2018

News
22 January 2024 18:00

Ilustrasi harga minyak dunia. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi harga minyak dunia. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Rusia berhasil melewati Arab Saudi menjadi sumber impor minyak terbesar China tahun lalu. Ini menyoroti ketidakefektifan upaya Barat untuk mencabut dana Kremlin untuk perangnya di Ukraina.

Importir minyak terbesar di dunia ini membeli 107 juta ton minyak mentah dari Rusia pada tahun 2023, hampir seperempat lebih banyak dari tahun sebelumnya, menurut data bea cukai yang dirilis Senin. Jumlah tersebut dibandingkan dengan hanya di bawah 86 juta ton dari Arab Saudi. Ini adalah pertama kalinya Rusia menjadi pemasok No. 1 China sejak 2018, dan berarti sekitar 2,15 juta barel per hari.

Ekspor minyak Rusia ke China. (Dok: Bloomberg)

Para penyuling China telah bersemangat membeli minyak mentah Rusia dengan harga murah, meskipun dijual pada tingkat di atas $60 per barel yang merupakan batas harga yang diberlakukan oleh Barat.

Kargo ESPO dari Timur Jauh Rusia terus menjadi populer di China karena rute pengirimannya yang relatif pendek. Harga jual resmi yang lebih tinggi membuat para pengolah mengambil lebih sedikit kargo berjangka dari Saudi, sementara perselisihan baru-baru ini dengan para eksportir Iran semakin meningkatkan permintaan minyak mentah Rusia.