Logo Bloomberg Technoz

BYD Upayakan Pakai Nikel Indonesia untuk Baterai Mobil Listrik

Dovana Hasiana
18 January 2024 19:10

Peluncuran BYD untuk pasar mobil listrik di Indonesia. (Bloomberg Technoz/Dovana Hasiana)
Peluncuran BYD untuk pasar mobil listrik di Indonesia. (Bloomberg Technoz/Dovana Hasiana)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Raksasa Otomotif China Build Your Dreams (BYD) mengklaim mempertimbangkan menggunakan sumber bahan baku nikel di Indonesia untuk baterai mobil listrik (electric vehicle/EV). 

General Manager BYD Asia-Pacific, Liu Xueliang menjelaskan pihaknya saat ini menggunakan baterai berbasis lithium iron phosphate (LFP).  

“Secara bagaimana BYD bisa menggunakan sumber bahan baku nikel di Indonesia setelah kita menuju hal (peresmian) ini, kita pasti akan cari lebih ke dalam analisis pasar dan mungkin masa depan bagaimana dukung ini pengembangan bisnis kami di Indonesia,” ujar Liu dalam agenda BYD Brand dan Product Launching Ceremony, di Jakarta, Kamis (18/1/2024).

Liu mengatakan BYD merupakan perusahaan yang lahir dari bisnis baterai kendaraan listrik. Lalu, pihaknya memutuskan untuk menggunakan baterai berbasis LFP karena dinilai sangat aman berdasarkan riset dan analisis yang dilakukan terhadap seluruh bahan baku untuk membuat baterai. 

Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves, Rachmat Kaimuddin menjelaskan Indonesia tidak memiliki masalah bila pelaku industri kendaraan listrik menggunakan sumber bahan baku lain selain nikel, asalkan bahan baku tersebut berasal dari Indonesia. 

Artikel Terkait