Logo Bloomberg Technoz

Luhut Janjikan Solar RI Naik Kualitas Jadi Standar Euro 5

Dovana Hasiana
18 January 2024 18:20

Ilustrasi SPBU (Sumber: Bloomberg).
Ilustrasi SPBU (Sumber: Bloomberg).

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah tengah berupaya dalam meningkatkan kualitas Solar agar setara dengan standar bahan bakar Euro 4 atau Euro 5.

Menurut Luhut, pemerintah bakal melakukan langkah menyeluruh untuk meningkatkan kualitas udara di Indonesia. Bukan hanya mendorong industri kendaraan listrik atau electric vehicle (EV), melainkan juga meningkatkan kualitas transportasi umum dan kualitas Solar. 

“Kita juga sekarang ini akan membuat kualitas solar atau bensin kita seperti Euro 4 atau Euro 5. Dengan demikian, kendaraan bus, dan kendaraan, semua kita lakukan itu [untuk meningkatkan kualitas udara],” ujar Luhut dalam agenda BYD Brand dan Product Launching Ceremony, di Sasana Kriya Building, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Kamis (18/1/2024).

Indonesia juga bakal meningkatkan kualitas dari bahan bakar minyak (BBM) menjadi lebih bagus dengan mengurangi kandungan sulfur yang selama ini dinilai mempengaruhi tingkat emisi.  

“Kita juga membuat kualitas daripada BBM lebih bagus lagi sehingga akan mengurangi sulfurnya dan itu akan membuat kualitas udara di Indonesia akan lebih bagus,” ujar Luhut.