Logo Bloomberg Technoz

Pertalite Dihapus, Ini Saran DEN Agar Bensin Penggantinya Murah

Sultan Ibnu Affan
18 January 2024 09:40

Konsumen membeli Pertalite di SPBU Pertamina./Bloomberg-Dimas Ardian
Konsumen membeli Pertalite di SPBU Pertamina./Bloomberg-Dimas Ardian

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dewan Energi Nasional (DEN) turut menanggapi desas-desus rencana penghapusan bahan bakar minyak (BBM) Pertamina jenis Pertalite yang kembali mencuat awal tahun ini. Konon, bensin RON90 seharga Rp10.000/liter itu bakal dikonversi menjadi Pertamax Green 92.

Sekretaris Jenderal DEN Djoko Siswanto mengatakan, dalam mengonversi Pertalite, sebaiknya pemerintah mempertimbangkan untuk melakukannya secara bertahap.

Dengan kata lain, Djoko meminta pemerintah sebaiknya melakukan konversi kepada jenis bensin nonsubsidi terlebih dahulu yang sedianya dikonsumsi oleh masyarakat kelas menengah atas.

"Karena yang green itu kan biasanya lebih bersih lebih ramah lingkungan dan harganya juga lumayan," ujarnya saat dihubungi, Kamis (18/1/2024).

Dia menilai pemerintah dapat mencontoh implementasi BBM berbahan minyak kelapa sawit atau Bensa (bensin sawit), yang banderol harganya terbilang cukup ekonomis. Bahkan, bensin yang sepenuhnya berasal dari sawit itu berpeluang menggantikan BBM jenis Pertamax Turbo milik Pertamina.