Logo Bloomberg Technoz

BEI Buru Pengendali SUGI hingga MYRX untuk Buyback Saham Publik

Mis Fransiska Dewi
18 January 2024 12:00

Logo Bursa Efek Indonesia - IHSG. (Dok Bloomberg)
Logo Bursa Efek Indonesia - IHSG. (Dok Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI) I Gede Nyoman Yetna menyatakan sedang berupaya mencari pihak yang ditunjuk sebagai pengendali perusahaan sekaligus penanggung jawab untuk pembelian kembali (buyback) saham emiten-emiten yang terancam dihapuskan pencatatan sahamnya (delisting).

Saham yang sudah masuk daftar delisting itu di antaranya seperti PT Sugih Energy Tbk (SUGI) dan PT Hanson International Tbk (MYRX).

“Itu usaha yang kami sedang lakukan, jadi ada satu perusahaan di mana dari sisi kegiatan operasionalnya mengalami gangguan terus kemudian atau belum menyampaikan siapa pihak yang menjadi pengendali. Ini effort kami di Bursa,” kata Nyoman saat ditemui di BEI, Kamis (18/1/2024).

Mencari pihak sebagai pengendali perusahaan, kata Nyoman, merupakan hal yang harus dilakukan oleh Bursa demi keberhasilan sebuah buyback. 

“Karena kalau kami belum ketemu dengan pihak ini (pengendali yang ditunjuk), siapa yang akan melakukan pembelian kembali saham dan memastikan bahwa dana akan diperoleh oleh para investor,” tutur Nyoman.