Logo Bloomberg Technoz

Uni Eropa Akan Jatuhkan Sanksi ke Hamas atas Serangan ke Israel

News
18 January 2024 10:00

Serangan Hamas ke Israel (Sumber: Bloomberg)
Serangan Hamas ke Israel (Sumber: Bloomberg)

Natalia Drozdiak - Bloomberg News

Bloomberg, Uni Eropa akan memberlakukan sanksi terhadap Hamas sebagai respons atas serangannya terhadap Israel. Sanksi tersebut akan ditandatangani paling cepat pada Senin mendatang dan akan menargetkan pimpinan Hamas dan pendanaan kelompok tersebut.

Sanksi tersebut telah disepakati pada tingkat teknis dan akan disahkan oleh para menteri luar negeri Uni Eropa pada pertemuan di Brussels. Uni Eropa ingin menambahkan langkah-langkah tambahan terhadap Hamas sebagai tanggapan atas serangan mereka terhadap Israel pada 7 Oktober.

Persetujuan ini akan mengharmonisasi langkah-langkah Uni Eropa dengan tindakan yang telah diambil oleh AS. Namun, Uni Eropa masih terpecah dalam memberikan respons yang tegas terhadap konflik di Timur Tengah karena perbedaan pandangan antara negara anggota.

Selain itu, Uni Eropa juga merencanakan misi angkatan laut untuk melindungi kapal-kapal komersial dari serangan kelompok Houthi di Laut Merah. Beberapa pihak juga menekankan pentingnya memberlakukan sanksi kepada para pemukim ekstremis Israel yang terlibat dalam serangan kekerasan di Tepi Barat.