Logo Bloomberg Technoz

PDIP Sebut Sulit Harapkan ASN Netral karena Ada Gibran

Pramesti Regita Cindy
17 January 2024 18:10

Hasto Kristiyanto (Sumber: Bloomberg)
Hasto Kristiyanto (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PDI Perjuangan (PDIP) menyebut bahwa memang tak mudah menjamin netralitas ASN pada saat bagian dari penguasa rezim ikut berkontestasi di pemilu. Hal tersebut yang tampak di Pemilu 2024 kali ini kala Gibran Rakabuming Raka maju menjadi cawapres. Padahal UU Pemilu memandatkan bahwa ASN, TNI-Polri harus netral.

“Agar diharapkan pemilu menjadi legacy bagi Presiden Jokowi meskipun persepsi yang muncul di kalangan rakyat sulit untuk mengharapkan adanya netralitas dari aparatur negara karena kerancuan di dalam menjabarkan Mas Gibran sebagai calon wakil presiden dan juga sekaligus anak dari Presiden Jokowi,” kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangan resminya, dikutip pada Rabu (17/1/2024).

Diketahui TPN Ganjar-Mahfud sebelumnya sudah melaporkan sejumlah dugaan pelanggaran pemilu ke Bawaslu.

Namun kata Hasto, pemimpin dan ASN harus memberikan teladan sehingga menjadi warisan yang baik yang membuat pemilu ini berjalan dengan mulus. Oleh karena itu Presiden Joko Widodo (Jokowi) diharapkan PDIP memberikan contoh tersebut. 

Hal itu juga disampaikan PDIP merespons isu pemakzulan presiden yang ramai belakangan ini. Hal tersebut diwacanakan oleh sejumlah kalangan termasuk Petisi 100 belum lama ini. PDIP menilai, wacana ini perlu direspons dengan baik agar tidak menimbulkan gerakan yang lebih besar lagi.