Logo Bloomberg Technoz

Disalip Jepang, Orang Hong Kong Tak Lagi Berumur Terpanjang Dunia

News
17 January 2024 13:10

Pejalan kaki menyeberang jalan di Hong Kong, Rabu (1/3/2023). (Billy H.C. Kwok/Bloomberg)
Pejalan kaki menyeberang jalan di Hong Kong, Rabu (1/3/2023). (Billy H.C. Kwok/Bloomberg)

Shirley Zhao - Bloomberg News - 

Bloomberg, Orang Hong Kong tidak lagi menduduki puncak daftar sebagai orang dengan harapan hidup terpanjang di dunia. Posisi Hong Kong yang selama ini menjadi masyarakat dengan harapan hidup terpanjang di dunia kini beralih ke Jepang. Pandemi Covid-19 dan tekanan secara keseluruhan telah membebani masyarakat Hong Kong dan memperpendek rentang harapan hidup mereka.

Perempuan di Hong Kong diperkirakan akan hidup rata-rata hingga usia 86,8 tahun pada tahun 2022, dibandingkan dengan 87,1 tahun di Jepang, menurut statistik terbaru yang diterbitkan minggu ini oleh pemerintah kota tersebut. Data untuk tahun 2023 belum dirilis.

Angka harapan hidup laki-laki di pusat keuangan Asia ini adalah 80,7 tahun – sama dengan di Singapura, namun lebih pendek dibandingkan Swedia, Jepang dan Norwegia, menurut data yang sama.

Selama bertahun-tahun, Hong Kong secara konsisten menduduki peringkat teratas dalam survei umur panjang global – sejak menyalip Jepang pada awal tahun 2000an. Namun, warga Hong Kong belakangan semakin sering mengalami stres, dengan kesehatan fisik dan mental yang memburuk dalam beberapa tahun terakhir di tengah kerusuhan sosial dan pandemi.