Logo Bloomberg Technoz

Hari ini KPK Undang Capres-Cawapres Bahas Program Antikorupsi

Pramesti Regita Cindy
17 January 2024 08:40

Ilustrasi Capres Cawapres (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Capres Cawapres (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengundang calon presiden dan calon wakil presiden dalam agenda “PAKU INTEGRITAS Capres dan Cawapres” di Gedung Juang KPK, Jakarta, Rabu (17/1/2024).

"Itu bagian dari kerja KPK. PAKU INTEGRITAS sudah biasa kami (lakukan) memanggil beberapa menteri dengan pasangannya, kemudian kami bekali, itu sudah jadi bagian dari Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat. Hanya saja besok skalanya lebih besar (capres-cawapres)," ujar Ketua Plt KPK Nawawi Pomolango dalam Konferensi Pers Kinerja dan Capaian KPK yang dilaksanakan secara hybrid, Selasa (16/1/2024).

"Kita juga sudah mendapatkan restu dari penyelenggara pemilu yaitu KPU untuk menyelenggarakan acara tersebut, karena ketiga pasangan itu dalam domain kekuasaan KPU. Kalau KPU bilang enggak boleh, iya enggak boleh."

Nawawi sendiri menegaskan bahwa agenda PAKU INTEGRITAS ini tidak akan berformat seperti debat capres-cawapres melainkan hanya akan berupa pembekalan perihal antikorupsi dan paparan perihal permasalahan yang ditemui KPK dalam memberantas rasuah ini.

"Jadi tidak ada format seperti debat, dan kami pastikan itu tidak ada. kemudian juga bukan adu program. Forum itu kami maksudkan untuk lembaga ini menyampaikan kepada calon problem atau hambatan apa saja yang kita temukan dalam upaya memberantas korupsi dari kacamata lembaga ini," tegas Nawawi.