Logo Bloomberg Technoz

Sandi Optimis Wisman Tetap ke RI Buntut Kenaikan Cukai Alkohol

Dinda Decembria
16 January 2024 07:00

Menteri Kemenparekraf, Sandiaga Uno (Dok. Sandiaga Uno)
Menteri Kemenparekraf, Sandiaga Uno (Dok. Sandiaga Uno)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Banyak pelaku bisnis mengeluhkan kenaikan pajak hiburan hingga 40-75% dan cukai alkohol. Walau begitu, Menparekraf Sandiaga Uno yakin hal tersebut tidak akan mengganggu industri pariwisata.

"Kita harapkan sudah kita sosialisasikan misalnya Bali akan ada biaya masuk Rp 150.000 ini akan mulai berlaku 14 Februari. Di samping itu tidak ada lagi tambahan per hari ini dan tidak ada kenaikan dari jasa-jasa yang ditawarkan selama mereka berwisata seperti itu kita menunggu dan menata kembali sektor hiburan dan pariwisata ekonomi kreatif ini," kata Menparekraf, Sandiaga Uno di Kemenparekraf, Jakarta Pusat (Senin, 15/1/2024)

Selain itu, Sandiaga juga optimis jika wisatawan mancanegara (wisman) tidak akan membatalkan perjalanan ke Indonesia karena kenaikan tarif cukai alkohol yang dinaikkan Kemenkeu pada 28 Desember 2023. 

“Mereka bisa menghitung bahwa dari seluruh produk wisata dan produk-produk ekonomi kreatif yang kita tawarkan Indonesia memiliki konsep yang berkualitas dan berkelanjutan," ujar Sandi

Berikut ini rincian kenaikan cukai minuman beralkohol:

Minuman Etil Alkohol