Logo Bloomberg Technoz

Ramai-ramai Warga China Buru dan Bayar Mahal Kalender 1996

Septiana Ledysia
16 January 2024 06:30

Ilustrasi Kalender (Dok. Envato)
Ilustrasi Kalender (Dok. Envato)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ada hal unik yang terjadi di China menjelang tahun baru (Imlek). Para warga berburu kalender tahun 1996 dan rela membayar mahal untuk itu karena memiliki struktur tahun kabisat dengan tahun 2024.

Seperti yang dilansir dari chinadaily, Selasa (16/1/2024), data dari Xianyu, platform penjualan online yang populer, menunjukkan peningkatan enam kali lipat dalam pencarian kalender tahun 1996 dalam seminggu terakhir, dengan transaksi mencapai rekor tertinggi.

"Rasanya ajaib ketika Anda bahkan membandingkan hari Minggu!" seru seorang pria bernama Li, yang lahir pada tahun 1996. Dia merayakan kembaran kalender tahun itu dengan membeli kalender dinding 1996 yang menampilkan bintang Hong Kong, Aaron Kwok, dengan harga 69 yuan (Rp151 ribu).

Xianyu juga melaporkan lonjakan baik dalam penawaran maupun pembelian kalender tahun 1996 terjadi sejak 1 Januari di China. Pada 9 Januari, lebih dari 400 pengguna secara bersamaan mencari kalender-kalender unik tersebut, mendorong harga rata-rata menjadi sekitar 94 yuan (Rp205 ribu). Beberapa item, seperti kalender yang menampilkan karakter populer seperti Mickey Mouse atau Ultraman, telah melihat nilai mereka naik lebih dari 30 kali.

Namun, perlu dicatat bahwa kejadian kembali kalender ini hanya berlaku untuk kalender Gregorian, tanpa pola serupa untuk kalender lunar tradisional China.