Logo Bloomberg Technoz

Pemerintah Targetkan Pertumbuhan Industri Nonmigas 5,8% di 2024

Dovana Hasiana
15 January 2024 14:45

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita (kiri) mengunjungi smelter Freeport (Dok. Humas Kemenko Perekonomian)
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita (kiri) mengunjungi smelter Freeport (Dok. Humas Kemenko Perekonomian)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian menargetkan pertumbuhan industri pengolahan nonmigas tahun 2024 sebesar 5,8%. Angka ini meningkat dari proyeksi pertumbuhan pada tahun 2023 sebesar 4,8%. 

Adapun postur pagu anggaran Kemenperin dalam APBN tahun 2024 sebesar Rp3,76 triliun.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, untuk mencapai target tersebut, Kemenperin fokus menjalankan berbagai program prioritas pada tahun 2024. 

“Misalnya, program pendidikan dan pelatihan vokasi berbasis kompetensi, program restrukturisasi mesin dan/atau peralatan kepada pelaku industri kecil dan menengah (IKM), serta program penumbuhan wirausaha baru dan pengembangan IKM startup berbasis teknologi,” ujar Agus dalam siaran pers, dikutip Senin (15/1/2024). 

Selain itu, upaya peningkatan nilai tambah dan daya saing industri dilaksanakan melalui program sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), melanjutkan hilirisasi sumber daya alam di tiga sektor, yakni industri berbasis agro, industri berbasis bahan tambang dan mineral, serta industri berbasis migas dan batubara.