Logo Bloomberg Technoz

Gedung Putih Perintahkan Instansi Bersiap Hadapi Shutdown

News
13 January 2024 17:00

Gedung Putih AS (Sumber: Bloomberg)
Gedung Putih AS (Sumber: Bloomberg)

Ari Natter - Bloomberg News

Bloomberg, Gedung Putih pada Jumat (12/1) memberi tahu beberapa lembaga untuk bersiap menghadapi kemungkinan penutupan pemerintah. Pasalnya terjadi perpecahan Partai Republik di Kongres terkait kesepakatan pengeluaran.

Kantor Manajemen dan Anggaran mengatakan kepada lembaga-lembaga tersebut untuk mempersiapkan rencana mereka tentang bagaimana mereka akan beroperasi jika terjadi kekosongan dalam pendanaan pemerintah yang dapat membuat ribuan pekerja federal dirumahkan atau dipaksa bekerja tanpa bayaran dan beberapa layanan pemerintah dihentikan.

Lembaga-lembaga yang terkena dampak dari potensi penutupan sebagian ini termasuk departemen Urusan Veteran, Pertanian, Perumahan dan Pembangunan Perkotaan, Transportasi dan Energi.

Instruksi tersebut muncul di tengah pemberontakan oleh kelompok konservatif garis keras atas kesepakatan anggaran pada tingkat pengeluaran keseluruhan yang dipangkas oleh Ketua DPR dari Partai Republik Mike Johnson dan Pemimpin Mayoritas Senat dari Partai Demokrat Chuck Schumer. Schumer dan Johnson menyetujui batas pengeluaran efektif sebesar $1,66 triliun untuk tahun fiskal saat ini, tetapi kelompok garis keras di DPR menginginkan setidaknya $70 miliar lebih sedikit.