Logo Bloomberg Technoz

AS Beri Syarat ke Boeing Sebelum Izinkan Max 9 Terbang Lagi

News
13 January 2024 14:00

Boeing Max 9. (Sumber: Bloomberg)
Boeing Max 9. (Sumber: Bloomberg)

Ryan Beene - Bloomberg News

Bloomberg, Otoritas pengatur penerbangan AS memberlakukan persyaratan tambahan pada Boeing Co sebelum pesawat 737 Max 9-nya kembali beroperasi. Sebagai tanda sikap keras pemerintah terhadap raksasa dirgantara ini setelah kecelakaan pekan lalu.

Otoritas Penerbangan Federal AS (FAA) mensyaratkan agar Boeing memberikan data tambahan sebelum badan tersebut menyetujui prosedur pemeriksaan dan pemeliharaan yang harus diselesaikan oleh maskapai penerbangan agar dapat melanjutkan penerbangan, seperti yang diungkapkan dalam pernyataan yang dikeluarkan pada Jumat malam.

Badan tersebut mengatakan ingin meninjau data dari putaran pemeriksaan awal pintu plug pada 40 pesawat menggunakan petunjuk Boeing sebelum menentukan apakah langkah-langkah tersebut cocok untuk seluruh armada pesawat yang saat ini tidak beroperasi.

"Kami berupaya untuk memastikan hal seperti ini tidak terjadi lagi," kata Administrator FAA Mike Whitaker dalam pernyataan tersebut. "Satu-satunya perhatian kami adalah keselamatan penumpang Amerika, dan Boeing 737-9 MAX tidak akan kembali terbang sampai kami benar-benar yakin bahwa itu aman."