Logo Bloomberg Technoz

Lion Air Dikabarkan Berencana IPO, Bidik Raup Dana Rp7,75 T

News
12 January 2024 10:53

Ilustrasi Lion Air. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi Lion Air. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Fathiya Dahrul, Pei Li dan Elffie Chew - Bloomberg News

Bloomberg, PT Lion Mentari Airlines atau Lion Air Dikabarkan sedang mempertimbangkan kembali rencana mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan pencatatan saham perdana (initial public offering/IPO) diperkirakan bisa meraup dana segar hingga US$500 juta atau setara Rp7,75 triliun (asumsi Rp15.500/US$). Hal ini diungkapkan beberapa orang yang mengetahui rencana tersebut.

Beberapa sumber tersebut mengungkapkan maskapai penerbangan swasta terbesar di Indonesia sedang bekerja sama dengan penasihat untuk mematangkan rencana ini. Aksi korporasi ini disebut paling cepat dilaksanakan pada akhir tahun ini. Dana yang dikumpulkan bisa mencapai US$300 juta hingga US$500 juta.

Pembahasan sedang berlangsung dan rincian seperti ukuran dan waktu IPO masih dapat berubah, kata para sumber anonim itu. Seorang wakil dari Lion Air menolak berkomentar.

Penerbangan pertama oleh Lion Air (JT) dari Tiongkok – Shenzhen (SZX) ke Bali - Indonesia (DPS) (Dok, Humas Angkasa Pura I)

Menurut catatan Bloomberg, para emiten berhasil menggalang dana US$3,6 miliar dari IPO pada 2023. Angka ini naik 56,65% dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai US$2,3 miliar.