Logo Bloomberg Technoz

China Bikin Rekor Pembangunan Surya Panel Terbesar dalam 10 Tahun

News
11 January 2024 17:30

Panel surya Sun Cable (Sumber: Bloomberg)
Panel surya Sun Cable (Sumber: Bloomberg)

William Mathis - Bloomberg News

Bloomberg, Kapasitas energi terbarukan di seluruh dunia telah meningkat sebesar 50% tahun lalu. Pertumbuhan ini pun akan melampaui rekor dalam 10 tahun ini berkat kenaikan harga panel surya, terutama di China. 

Badan Energi Internasional mengatakan bahwa pada tahun 2023, hampir 510 gigawatt energi terbarukan akan dipasang, mencetak rekor selama 22 tahun berturut-turut. Didukung oleh pertumbuhan pesat armada tenaga surya di China, dunia berfokus pada tujuan pertemuan iklim COP28 untuk meningkatkan jumlah energi terbarukan hingga akhir tahun ini.

"Di bawah kebijakan dan kondisi pasar saat ini, kapasitas energi terbarukan global sudah berada di jalur yang tepat untuk meningkat dua setengah kali lipat pada tahun 2030," ujar Direktur Eksekutif IEA, Fatih Birol. "Memang belum cukup untuk mencapai target COP28 untuk melipatgandakan energi terbarukan, namun kita sudah semakin dekat--dan pemerintah memiliki alat yang dibutuhkan untuk menutup kesenjangan tersebut."

Jatuhnya harga panel surya membantu China untuk menggunakan jumlah produksi listrik bersih yang mencapai rekor pada tahun 2023. Ini menunjukkan sedikit tanda perlambatan. Dari tahun 2023 hingga 2028, IEA memperkirakan negara ini akan membangun sekitar 30% lebih banyak kapasitas energi terbarukan dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia. Pertumbuhan China begitu pesat, sehingga IEA menaikkan perkiraan energi bersih untuk enam tahun ke depan untuk negara tersebut sebesar 64%.