Logo Bloomberg Technoz

AS Desak China untuk Tidak Ikut Campur dalam Pemilu Taiwan

News
11 January 2024 11:40

Bendera Taiwan (Sumber: Bloomberg)
Bendera Taiwan (Sumber: Bloomberg)

Michelle Jamrisko dan Akayla Gardner - Bloomberg News

Bloomberg, Amerika Serikat (AS) memantau dengan saksama tanda-tanda campur tangan China dalam pemilihan umum (Pemilu) Taiwan yang akan datang. Menurut seorang pejabat senior pemerintahan, AS memiliki kepercayaan penuh terhadap proses demokrasi di negara tersebut.

Pejabat tersebut, yang berbicara dengan syarat tidak disebutkan namanya kepada wartawan pada Rabu, mengatakan bahwa AS berusaha untuk memastikan saluran komunikasinya dengan Beijing tetap terbuka sebelum pemungutan suara, yang dijadwalkan pada Sabtu, dan selama masa transisi.

Pemerintahan Biden telah menjelaskan kepada Beijing bahwa mereka memiliki keprihatinan serius tentang pemaksaan apa pun dan berhubungan dengan Taiwan dalam masalah ini, pejabat itu menambahkan. Pesan itu, kata pejabat tersebut, disampaikan kepada China dalam pertemuan tingkat tinggi.

Bendera Taiwan. (Dok: Bloomberg)

Sejauh ini, AS telah melihat upaya-upaya yang dilakukan oleh Beijing untuk mempengaruhi informasi seputar pemungutan suara yang akan datang, kata pejabat itu, tetapi hal itu tidak mungkin memengaruhi hasilnya.