Logo Bloomberg Technoz

Pakar Sebut Prabowo Selama Menhan Tak Membanggakan

Pramesti Regita Cindy
10 January 2024 00:15

Paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Istora Senayan, Minggu (7/1/2024).(Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Istora Senayan, Minggu (7/1/2024).(Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pakar politik dan militer Ikrar Nusa Bhakti menilai kinerja Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo yang juga calon presiden (capres) nomor urut 2 selama hampir 5 tahun ini, tidak bisa dibanggakan. 

Ikrar kemudian memaparkan contoh kerja sama pertahanan Indonesia dengan Korea Selatan yang masih tersandera oleh utang. 

"Selama hampir 5 tahun pak Prabowo jadi Menhan belum ada yang bisa dibanggakan," kata Ikrar dalam dialog yang dilaksanakan bersama Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud di Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (9/1/2024). 

"Saya beri contoh terkait kerja sama pertahanan. Kerja sama pertahanan kita dengan Korea itu masih ada utang yang belum dibayarkan secara penuh dari pemerintah Indonesia kepada suatu perusahaan di Korea yang jumlahnya beberapa triliun. Dan negara itu cuma bisa membiayai kalau tidak salah sekitar Rp10 triliun. Untuk pembayaran kekurangan itu, Korea mendesak untuk bisa selesai ini (utang) dibayarkan," kata dia.

Ikrar menambahkan bahwa kesepakatan kerja sama antara Indonesia dengan Korea Selatan ini terkait dengan kapal selam.