Logo Bloomberg Technoz

Para PNS di Daerah Dilaporkan Belum Terima Gaji

Azura Yumna Ramadani Purnama
09 January 2024 19:45

Ilustrasi ASN bekerja. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Ilustrasi ASN bekerja. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Memasuki pekan kedua Januari 2024, para aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS) di sejumlah daerah dikabarkan belum menerima gaji hingga hari ini, Selasa (9/1/2024). Menurut laporan sejumlah ASN di tiga daerah yakni di Labuhanbatu, Sumatera Utara, di Bengkulu hingga di Bangka, mereka mengalami keterlambatan gaji.

Salah satu ASN di Bengkulu menyatakan baru menerima pada tanggal 3 Januari 2023. Sementara ASN di wilayah Labuhanbatu hingga saat ini belum menerima gaji. Sementara yang di wilayah Bangka juga membenarkan belum cair gajinya. Sedianya mereka mendapatkan gaji per tanggal 1 setiap bulan.

Dihubungi soal hal ini, Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis Yustinus Prastowo menyatakan, yang paling terkait untuk menjelaskan ada tidaknya keterlambatan ini adalah pihak pemda di bawah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Pemda punya kewenangan anggaran sendiri di bawah koordinasi Kemendagri," kata Prastowo pada saat dihubungi pada Selasa malam (9/1/2024).

Menurut dia ada baiknya yang paling berwenang merespons hal ini adalah Kemendagri.