Logo Bloomberg Technoz

Dampak Virus Polio yang Mematikan: Lumpuh Permanen-Kematian

Septiana Ledysia
09 January 2024 15:40

Ilustrasi lumpuh. (Envato/sedrik2007)
Ilustrasi lumpuh. (Envato/sedrik2007)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Virus Polio merupakan penyakit yang harus diwaspadai. Kejadian luar biasa (KLB) yang terjadi di Klaten harus menjadi kewaspadaan dampak mematikan penyakit ini.

“Polio merupakan penyakit serius yang dapat menyebabkan kesehatan jangka panjang termasuk kelumpuhan permanen,” ujar pengamat kesehatan yang juga epidemiolog Dicky Budiman saat berbincang, Selasa (9/1/2024).

Dicky mengungkapkan, dampak umum yang disebabkan polio terjadi pada sistem saraf dan fungsi otak. Kelumpuhan otot terjadi pada ekstreminitas atau kaki dan tungkai. kelumpuhan ini dapat bersifat sementara tapi juga bisa permanen.

“Tetapi ada juga yang terjadi 10-20 tahun kemudian pasca infeksi itu bisa terjadi. Selain itu bahaya dari infeksi polio ini adalah kalau virus polio menyerang otot pernapasan ini yang menyebabkan kesulitan bernapas atau gagal napas,” ujar Dicky.

Dicky menceritakan, pada era 1900, pasien yang bisa selamat dari virus polio ini karena dibantu tabung yang membantu dia untuk bernapas.