Logo Bloomberg Technoz

Pinjaman Konsumen AS Melonjak karena Kartu Kredit

News
09 January 2024 07:50

Kartu Kredit Visa. (Sumber: Bloomberg)
Kartu Kredit Visa. (Sumber: Bloomberg)

Vince Golle - Bloomberg News

Bloomberg, Pinjaman konsumen Amerika Serikat (AS) melonjak pada November 2023 karena lonjakan saldo kartu kredit ketika musim belanja liburan mulai memasuki puncaknya. Ini merupakan kenaikan terbesar dalam kurun setahun.

Menurut data Federal Reserve yang dirilis Senin (9/1/2024), total kredit konsumen melonjak hingga US$23,8 miliar setelah direvisi naik US$5,8 miliar pada Oktober. Angka tersebut jauh melebihi proyeksi tertinggi dalam survei ekonom Bloomberg, yang memiliki perkiraan median sebesar US$8,6 miliar.

Jumlah kredit bergulir, termasuk kartu kredit, meningkat US$19,1 miliar pada November 2023, terbesar sejak Maret 2022. Kredit non-revolving, seperti pinjaman untuk pembelian kendaraan dan biaya sekolah, meningkat US$4,6 miliar. Angka tersebut tidak disesuaikan dengan inflasi.

Suku bunga pinjaman pribadi dan mobil baru meningkat pada November dibanding kuartal ketiga. Dengan biaya pinjaman yang lebih tinggi dan saldo kartu yang lebih besar, konsumen berisiko menarik kembali belanja diskresi dalam beberapa bulan mendatang.