Logo Bloomberg Technoz

Bank Sentral China Suntik Rp774 T untuk Kredit Sektor Properti

News
03 January 2024 09:40

People's Bank of China. (Dok: Bloomberg)
People's Bank of China. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Bank Rakyat China (People's Bank of China) menyuntikkan dana berbiaya rendah senilai hampir US$50 miliar atau setara Rp774,6 triliun ke bank-bank yang berorientasi pada kebijakan bulan lalu. Ini menunjukkan bank sentral berpotensi meningkatkan pembiayaan untuk proyek-proyek perumahan dan infrastruktur guna mendukung perekonomian.

Jumlah dana outstanding dari program Pledged Supplemental Lending PBOC kepada bank-bank kebijakan naik menjadi 3,25 triliun yuan (US$456 miliar) di akhir Desember dari 2,9 triliun yuan di bulan sebelumnya, bank sentral mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Selasa. Suntikan bersih sebesar 350 miliar yuan adalah peningkatan terbesar melalui alat tersebut sejak November 2022.

Program PSL dipandang sebagai alat penting dalam gudang senjata Beijing, yang dapat digunakan pemerintah untuk menopang sektor properti dan menstabilkan pertumbuhan tahun ini. Pasar berharap bank sentral menggunakan uang tersebut untuk mendorong pengembangan perumahan publik dalam upaya untuk mengurangi kemerosotan di sektor properti selama beberapa tahun yang telah memukul kepercayaan konsumen.