Logo Bloomberg Technoz

Heboh Elon Musk Pakai Narkoba, Dewan Direksi Tesla Dilema

News
08 January 2024 21:00

Elon Musk. (Dok: Bloomberg)
Elon Musk. (Dok: Bloomberg)

Craig Trudell dan Dana Hull - Bloomberg News

Bloomberg, Elon Musk dilaporkan menggunakan obat-obatan terlarang. Hal ini membuat anggota dewan direksi Tesla Inc menghadapi dilema, karena mereka harus memutuskan apa yang akan dilakukan terhadap kepala eksekutif yang menempatkan direktur dan pemegang saham pada risiko keuangan dan hukum yang besar.

The Wall Street Journal merilis sebuah artikel yang menggambarkan sejarah Musk dalam penggunaan narkoba dan konsumsi ketamin yang terus menerus. Hal ini merupakan ujian terbaru bagi para anggota dewan yang dipenuhi oleh pengikut-pengikut Musk. Beberapa di antaranya bulan lalu setuju untuk mengembalikan US$735 juta untu menyelesaikan gugatan yang menyatakan bahwa mereka telah memberikan kompensasi berlebihan pada diri mereka sendiri.

Pemegang saham menyatakan ketidakpuasan terhadap dewan tahun lalu terkait rencana suksesi Tesla. Mereka menuding Musk terganggu oleh komitmennya terhadap perusahaan lain. Pengambilalihan Twitter Inc, yang kacau pada 2022, menyebabkan Tesla kehilangan kapitalisasi pasar tahun itu sebesar US$672 miliar.

Sebelumnya, para direktur melakukan litigasi terkait upaya Musk yang gagal untuk menjadikan Tesla sebagai milik pribadi pada 2018. Di tahun yang sama, para direktur juga dihadapkan dengan kontroversi ketika Musk memanggil seorang penjelajah gua yang terlibat dalam penyelamatan tim sepak bola muda di Thailand yang kala itu menjadi sorotan sebagai pedofil.