Logo Bloomberg Technoz

Elon Musk Jadi Orang Terkaya Dunia

News
29 December 2023 18:36

Elon Musk. (Dok: Bloomberg)
Elon Musk. (Dok: Bloomberg)

Jordan Fitzgerald - Bloomberg News

Bloomberg, Menurut Indeks Miliarder Bloomberg, tahun ini merupakan tahun kembalinya para orang terkaya di dunia. Kekayaan bersih gabungan dari 500 orang terkaya melonjak sebesar US$1,5 triliun (sekira Rp23.244 triliun) pada tahun 2023, sepenuhnya pulih dari US$1,4 triliun (sekitar Rp21.694 triliun) yang hilang pada tahun sebelumnya.

Sekali lagi, kekayaan mereka berkorelasi erat dengan kinerja saham-saham teknologi, yang naik ke rekor baru tahun ini meskipun ada kekhawatiran resesi, inflasi yang berkepanjangan, suku bunga yang tinggi, dan gejolak geopolitik. Para miliarder teknologi melihat kekayaan mereka tumbuh sebesar 48% atau US$658 miliar, didorong oleh hype yang kuat seputar kecerdasan buatan.

Tidak ada yang lebih baik daripada Elon Musk, yang merebut kembali gelar orang terkaya di dunia dari taipan mewah asal Prancis Bernard Arnault. Kepala eksekutif Tesla Inc ini memperoleh tambahan US$95,4 miliar hingga penutupan Kamis, didukung oleh kesuksesan Tesla dan SpaceX, setelah mengalami kerugian sebesar US$138 miliar pada 2022. Kekayaan bersihnya sekarang lebih dari US$50 miliar di atas Arnault setelah perlambatan global dalam permintaan barang mewah membuat saham LVMH Moet Hennessy Louis Vuitton SE penyok.