Logo Bloomberg Technoz

AS Kandangkan Boeing 737 Max 9 usai Jendela Copot saat Terbang

News
07 January 2024 09:10

Pesawat Boeing 737 Max (Bloomberg)
Pesawat Boeing 737 Max (Bloomberg)

Mary Schlangenstein, Julie Johnsson, Siddharth Philip dan Ryan Beene - Bloomberg News

Bloomberg, Badan Penerbangan Federal atau The Federal Aviation Administration (FAA) memerintahkan penghentian sementara dan inspeksi beberapa pesawat Boeing Co. 737 Max 9. Hal ini dilakukan sehari setelah bagian badan pesawat jet Alaska Airlines, Amerika Serikat (AS) baru saha meledak tak lama setelah lepas landas, meninggalkan lubang menganga.

Menurut pernyataan FAA, langkah ini mempengaruhi sekitar 171 pesawat di seluruh dunia. Alaska, operator pesawat Boeing 737 terbesar kedua di dunia, telah menghentikan armada Max 9 setelah insiden yang terjadi pada Jumat waktu AS, setelah lepas landas dari Portland, Oregon.

United Airlines Holdings Inc., operator utama model tersebut, juga menghentikan layanan beberapa jet untuk pemeriksaan. Sementara itu, Aeromexico juga mengatakan akan melarang terbang pesawat Max 9 untuk pemeriksaan.

“Keselamatan akan terus mendorong pengambilan keputusan kami saat kami membantu penyelidikan NTSB (National Transportation Safety Board/Dewan Keselamatan Transportasi Nasional) AS terhadap Alaska Airlines Penerbangan 1282,” kata Administrator FAA Mike Whitaker dalam postingan di X.