Logo Bloomberg Technoz

China Investigasi Minol UE Usai Penyelidikan Mobil Listrik

News
05 January 2024 16:10

Penjualan minuman alkohol. (Envato/GSR-PhotoStudio)
Penjualan minuman alkohol. (Envato/GSR-PhotoStudio)

Bloomberg News

Bloomberg, Kementerian Perdagangan China mengatakan pada Jumat bahwa pihaknya meluncurkan penyelidikan anti-dumping terhadap produk minuman beralkohol (minol) seperti brendi dari Uni Eropa ketika ketegangan perdagangan antara Beijing dan Brussels meningkat.

Penyelidikan akan fokus pada produk brendi yang datang dalam wadah yang lebih kecil dari 200 liter dari Uni Eropa, kata pernyataan itu, tanpa menyebutkan perusahaan mana pun, dan diluncurkan karena permohonan dari asosiasi minuman keras domestik.

Langkah ini dilakukan beberapa bulan setelah Uni Eropa memulai penyelidikan terhadap subsidi China untuk kendaraan listrik dalam upaya untuk menangkal banjir impor murah. Blok ini juga membuka penyelidikan anti-dumping terhadap biodiesel dari China pada Desember.

Bendera China (Sumber: Bloomberg)

China sebelumnya menyelidiki impor minuman keras asing ketika ketegangan geopolitik berkobar dengan Australia, yang mengakibatkan tarif anti-dumping dikenakan pada anggur Australia dalam kontainer berukuran 2 liter atau kurang selama lima tahun mulai Maret 2021.