Logo Bloomberg Technoz

Bagaimana BYD China Mampu Kalahkan Tesla?

News
05 January 2024 13:20

Produsen Mobil Listrik BYD asal China. (Dok: Bloomberg)
Produsen Mobil Listrik BYD asal China. (Dok: Bloomberg)

Danny Lee - Bloomberg News

Bloomberg, "Merek mobil terbesar yang belum pernah Anda dengar." Itulah kata-kata yang digunakan oleh produsen mobil terkemuka di China untuk mempromosikan dirinya saat mereka ingin berekspansi ke seluruh dunia. 

Setelah menjadi merek mobil terlaris di China, BYD Co (yang merupakan singkatan dari Build Your Dreams) kini telah melampaui Tesla untuk menjadi produsen kendaraan listrik terbesar di dunia. Dalam film dokumenter mini How BYD Took the Tesla's Crown, Bloomberg Originals mengeksplorasi bagaimana sebuah perusahaan yang memulai bisnisnya sebagai produsen baterai bertransformasi menjadi raja mobil listrik global.

Hal yang sangat penting bagi kesuksesan BYD adalah integrasi vertikal. Alih-alih bergantung pada perusahaan lain untuk suku cadang, BYD berhasil memecahkan kode untuk memproduksi mobil listrik dengan harga murah dengan membuat sebagian besar komponennya sendiri.

Pasar BYD Dunia. (Dok: Bloomberg)

Perusahaan ini mampu menawarkan berbagai macam mobil listrik yang terjangkau dengan harga murah, memaksimalkan penjualan (jika bukan pendapatan) sambil memperluas jejaknya di pasar baru.