Logo Bloomberg Technoz

AS Sebut Rusia Gunakan Rudal Korut Serang Ukraina

News
05 January 2024 10:40

Pertemuan Presiden Korea Utara Kim Jong Un dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Fotografer: Andrey Rudakov/Bloomberg
Pertemuan Presiden Korea Utara Kim Jong Un dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Fotografer: Andrey Rudakov/Bloomberg

Jennifer Jacobs - Bloomberg News

Bloomberg, Intelijen AS mengatakan Rusia telah menggunakan rudal dari Korea Utara (Korut) untuk menyerang target di Ukraina sebagai bagian dari serangan udara dalam beberapa minggu terakhir. Hal ini menunjukkan ketergantungan Moskow yang meningkat pada negara lain untuk melanjutkan perang.

Juru bicara Gedung Putih, John Kirby, mengatakan hasil penilaian intelijen AS pada wartawan, bahwa pemerintah AS yakin Rusia menggunakan rudal dari Korut dalam setidaknya dua serangan pada 30 Desember dan 2 Januari.

Kirby mengatakan AS juga yakin Rusia sedang berusaha mendapatkan rudal balistik jarak dekat dari Iran, meskipun AS belum yakin Iran telah mengirimkan sistem senjata tersebut. Rusia sering menggunakan drone buatan Iran untuk meluncurkan serangan ke Ukraina dalam beberapa bulan terakhir. Gedung Putih menambahkan, mereka sedang membangun pabrik yang akan memproduksi drone yang dirancang oleh Iran.

Rudal Rusia diduga hantam apartemen warga di Kharkiv (Sumber: Twitter Kementerian Pertahanan Ukraina)

Rusia berencana untuk terus menggunakan rudal balistik Korea Utara - yang dapat ditembakkan dari jarak hingga 550 mil - dalam beberapa minggu mendatang, kata Kirby, tanpa merinci bagaimana AS memperoleh informasi tersebut.