Logo Bloomberg Technoz

WNI Berobat ke Luar Negeri, Jokowi: Rp 165 T Devisa Kita Hilang

Ezra Sihite
06 March 2023 15:07

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Mayapada Hospital Bandung,Senin (6/3/2023). (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Mayapada Hospital Bandung,Senin (6/3/2023). (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Mayapada Hospital Bandung. Jokowi menyampaikan harapan agar Mayapada Hospital Bandung dapat mengurangi jumlah masyarakat Indonesia yang berobat ke negeri asing. Berdasarkan data yang ada saat ini kata dia, hampir dua juta masyarakat Indonesia masih memilih untuk pergi berobat ke luar negeri.

"Satu juta kurang lebih satu juta ke Malaysia, kurang lebih 750 ribu ke Singapura dan sisanya ke Jepang, ke Amerika, ke Jerman dan lain-lain. Mau kita terus-teruskan?” ucap Presiden Jokowi di Bandung, Jawa Barat, Senin (6/3/2023) sebagaimana dikutip dari laman Sekretariat Kabinet.

“Rp 165 triliun devisa kita hilang gara-gara itu karena ada modal keluar, capital outflow,” lanjut Jokowi.

Pemerintah kata dia mendukung penuh pembangunan rumah sakit dengan standar internasional. Hal ini juga bisa mencegah Indonesia kehilangan devisa lebih besar.

Mayapada Hospital Bandung yang berlokasi di Jalan Terusan Buah Batu, Kota Bandung. Konsep rumah sakit tersebut mengusung tema rumah sakit hijau (green hospital) di Indonesia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau sejumlah fasilitas di Mayapada Hospital Bandung,Senin (6/3/2023). (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

Rp 165 triliun devisa kita hilang gara-gara itu karena ada modal keluar, capital outflow

Jokowi