Logo Bloomberg Technoz

Bagaimana 367 Penumpang Japan Airlines Dievakuasi dalam 90 Detik

News
04 January 2024 13:30

Pesawat Japan Airlines Co tabrakan. (Dok: Tangkapan Layar Video Bloomberg)
Pesawat Japan Airlines Co tabrakan. (Dok: Tangkapan Layar Video Bloomberg)

Siddharth Philip dan Nicholas Takahashi - Bloomberg News

Bloomberg,  Ketika Pesawat Japan Airlines dengan Penerbangan JL516 tergelincir dan terbakar setelah bertabrakan dengan pesawat lain di landasan pacu Bandara Haneda Tokyo pada 2 Januari, awak kabin dihadapkan pada skenario yang menakutkan.

Sistem interkom untuk berkomunikasi antara kokpit dan kabin rusak. Salah satu mesin raksasa masih berputar dan tidak bisa dimatikan. Hanya tiga dari delapan pintu darurat yang tersedia untuk mengevakuasi pesawat saat api menjilat badan pesawat yang berlumuran minyak.

Pada akhirnya, 367 penumpang dan 12 awak pesawat berhasil turun dari Airbus A350 dengan selamat. Mengingat banyaknya rintangan yang ada, penyelamatan mereka bahkan lebih luar biasa. Semua berkat desain pesawat modern, awak kabin yang terampil, dan — tidak kalah pentingnya — penumpang yang tetap tenang dan mematuhi peraturan.

Sebuah pesawat Airbus SE A350-900 Japan Airlines terbakar saat mendarat di Bandara Haneda di Tokyo, Jepang, Selasa (2/1/2023). (Kentaro Takahashi/Bloo

Pesawat modern harus dapat sepenuhnya dievakuasi dalam waktu 90 detik, hanya menggunakan setengah dari jumlah pintu keluar yang tersedia. Penumpang Japan Airlines bahkan berhasil dengan lebih sedikit pintu tersedia. Seorang pramugari dengan cepat memutuskan untuk membuka pintu darurat di bagian belakang pesawat guna membantu lebih banyak orang melarikan diri melalui seluncur darurat, kata pejabat pemerintah pada jumpa pers sehari setelah bencana.