Logo Bloomberg Technoz

Yang semakin menambah intrik adalah fakta bahwa lampu stop-bar pada persimpangan ke landasan pacu, yang memberikan indikasi visual kepada pilot apakah landasan kosong atau tidak, tidak berfungsi sejak 27 Desember. Menurut Notice to Air Missions (NOTAM) yang berlaku hingga 21 Februari, lampu pada semua persimpangan ke landasan yang dimaksud padam.

Mengingat bahwa isu terkait lampu yang tidak berfungsi tersebut telah disebarluaskan kepada para pilot sebagai bagian dari proses NOTAM, sejumlah pilot yang tak ingin disebutkan namanya berpendapat bahwa pilot pesawat penjaga pantai seharusnya lebih berhati-hati memasuki landasan yang aktif.

Sekitar pukul 5:47 sore, JAL Flight 516 mendarat, menabrak pesawat baling-baling yang jauh lebih kecil, yang meledak dalam kobaran api di landasan. Lima dari enam orang di atas pesawat penjaga pantai tewas. Kapten dan 379 orang di atas pesawat Airbus SE A350 maskapai penerbangan berhasil selamat.

Transkrip menunjukkan pesawat penjaga pantai tidak memiliki izin untuk berada di landasan sebelum kecelakaan. Sementara pesawat penumpang JAL diizinkan untuk mendarat.

Japan Airlines Terbakar di Bandara Haneda. (Fotografer: Kentaro Takahashi/Bloomberg)

Pada jumpa pers pada hari Rabu, pejabat penjaga pantai menghindari komentar apakah kapten bisa saja salah memahami instruksi dari menara. Dia mengatakan mereka akan menyerahkan temuan kepada investigasi yang sedang berlangsung. Mereka mengatakan mungkin ada interaksi lain selain pertukaran yang direkam dengan menara kontrol.

Tetsuo Saito, Menteri Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata mengatakan saat jumpa pers bahwa transkrip interaksi ATC dengan beberapa pesawat telah diserahkan kepada penyelidik.

Penyelidik terlihat di sekitar lokasi kecelakaan di Landasan C di Bandara Haneda Tokyo pada hari Rabu. Rekaman menunjukkan Airbus A350 sebagai bangkai yang terbakar, dengan hanya sayap yang masih agak utuh.

Pesawat penjaga pantai hancur tak bisa dikenali. Para penyelidik tampak mengambil puing-puingnya. Pesawat baling-baling Dash 8 sedang digunakan oleh penjaga pantai untuk mengirimkan bantuan darurat kepada para korban gempa 1 Januari di barat laut Jepang.

(bbn)

No more pages