Logo Bloomberg Technoz

JD.Com Obral Diskon Rp 21 Triliun, Picu Kekhawatiran Perang Harga

News
06 March 2023 12:35

Sumber: Bloomberg
Sumber: Bloomberg

Jane Zhang - Bloomberg News 

Bloomberg - JD.com Inc. berencana untuk mengobral diskon di seluruh platform belanja online miliknya mulai Senin (06/03/2023). Langkah ini merupakan bagian dari kampanye 10 miliar yuan (US$1,4 miliar atau Rp 21,4 triliun) yang dilakukan perusahaan untuk menjaring pengguna baru untuk menangkap peluang saat pemulihan ekonomi China pasca pandemi Covid-19.

Kampanye tersebut telah menimbulkan kekhawatiran para pengamat akan adanya potensi perang harga. Kompetitor seperti Alibaba Group Holding Ltd. atau PDD Holding Inc. dapat membalas dengan juga menawarkan diskon besar-besaran. JD sendiri mengumumkan peluncuran rencana subsidi tersebut dalam sebuah pernyataan di akun resmi WeChat pada hari Sabtu (04/03/2023).

Upaya perusahaan-perusahaan internet di China untuk mengalahkan satu sama lain sudah berlangsung sejak Beijing mulai menghentikan tekanannya terhadap sektor teknologi. Hal ini memicu persaingan ketat yang membuat investor khawatir.

Kinerja saham JD.com (Sumber: Bloomberg)

Meituan berencana untuk memperluas jaringannya ke Hong Kong dan mempekerjakan 10.000 orang di daratan China. Perusahaan pengiriman makanan (food delivery) itu menggelontorkan investasi sebesar US$ 145 miliar sebagai bagian dari upaya untuk mengatasi persaingan yang semakin ketat dari pemain baru seperti ByteDance Ltd.