Logo Bloomberg Technoz

Ketegangan Meningkat, Belanja Pertahanan China Naik 7,2%

News
06 March 2023 09:45

Militer China (Sumber: Bloomberg)
Militer China (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, China menaikkan belanja pertahanan 7,2% tahun ini, kenaikan paling drastis sejak 2019 di tengah meningkatnya ketegangan dengan Amerika Serikat (AS) dalam berbagai masalah, termasuk mengenai Taiwan.

Pengeluaran militer China diperkirakan akan meningkat menjadi 1,55 triliun yuan (Rp 3.434 triliun) untuk setahun pada 2023, menurut laporan tahunan Kementerian Keuangan China yang dirilis pada Minggu (05/03/2023) pada pembukaan Kongres Rakyat Nasional di Beijing.

Pengeluaran untuk Tentara Pembebasan Rakyat China (People’s Liberation Army/PLA) telah meningkat setidaknya 6,6% setiap tahun selama tiga dekade terakhir, mengimbangi atau seringkali melebihi produk domestik bruto (PDB), meskipun angka pengeluaran militer AS masih jauh melampaui.

Presiden China Xi Jinping sedang berusaha untuk membangun "kekuatan kelas dunia" pada tahun 2027, tenggat waktu yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun PLA. Jenderal Mark Milley, ketua Kepala Staf Gabungan AS mengatakan Beijing mungkin siap untuk invasi Taiwan pada tahun tersebut, tetapi juga mengatakan PLA tidak mungkin siap untuk beberapa waktu ini.