Logo Bloomberg Technoz

Kubu Prabowo & Amin Protes TV Hary Tanoe Penyelenggara Debat

Pramesti Regita Cindy
03 January 2024 13:45

Sekretaris TKN Prabowo-Gibran Nusron Wahid saat konfrensi pers di TKN. (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita Cindy)
Sekretaris TKN Prabowo-Gibran Nusron Wahid saat konfrensi pers di TKN. (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita Cindy)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan calon Prabowo-Gibran, Nusron Wahid menyampaikan pihaknya telah melayangkan surat kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait stasiun televisi yang menjadi penyelenggara siaran debat capres pada 7 Januari 2024 mendatang.

Hal ini merujuk kepada keberatannya atas stasiun televisi penyelenggara debat kedua capres yakni MNC group yang disebut mendominasi penyelenggara debat.

"Kita sudah kirim permintaan kepada KPU, agar dalam satu debat penyelenggaranya tidak dimonopoli oleh satu grup TV yang pemiliknya sama dan pihak terafiliasi. Guna kasih pemerataan dan check and balance antara satu grup TV dengan grup TV yang lain," kata Nusron dikutip dari keterangannya pada Rabu (3/1/2024). 

Nusron menjelaskan bahwa stasiun-stasiun televisi yang menyiarkan debat capes mendatang berada dalam satu grup perusahaan yang sama. Sehingga ia meminta kepada KPU agar dapat menukar di antara stasiun televisi yang ada.

"Kebetulan dalam debat ketiga, penyelenggara TV yang diusulkan KPU adalah grup MNC (yaitu) MNC TV, Global TV, Inews TV, RCTI. Di mana kebetulan stasiun TV-TV tersebut kebetulan dimiliki satu grup. Kita minta agar ditukar dengan TV yang lain, supaya tidak satu group mendominasi total penyelenggara debat," jelasnya.