Logo Bloomberg Technoz

Penjualan EV Tesla Moncer Akhir 2023, tetapi Masih Kalah dari BYD

News
03 January 2024 05:47

Tesla Model Y dan Model 3 ditampilkan di stan Tesla Inc. selama World Internet of Things Exposition di Wuxi, Tiongkok, Sabtu (21/10/2023). (Bloomberg)
Tesla Model Y dan Model 3 ditampilkan di stan Tesla Inc. selama World Internet of Things Exposition di Wuxi, Tiongkok, Sabtu (21/10/2023). (Bloomberg)

Dana Hull - Bloomberg News

Bloomberg, Tesla Inc mencatatkan penjualan mobil listrik yang di atas estimasi pada kuartal IV-2023. Sayangnya, kinerja cemerlang itu belum cukup bagi perusahaan yang dipimpin Elon Musk untuk bisa mengungguli BYD Co adal China, dalam hal penjualan kendaaraan listrik atau electric vehicle (EV) global.

Tesla menyerahkan 484.507 kendaraan dalam tiga bulan terakhir 2023, mengalahkan perkiraan rata-rata analis sebanyak 483.173 pengiriman. Di lain sisi, BYD menjual 526.409 kendaraan listrik pada kuartal tersebut dan menjadi produsen kendaraan listrik nomor satu baru, terutama didorong oleh jajaran model yang lebih murah di China.

Meskipun Tesla melampaui targetnya untuk mengirimkan 1,8 juta kendaraan pada tahun lalu, produsen mobil yang berbasis di Austin ini gagal mencapai skenario positif yang digembar-gemborkan Musk 12 bulan lalu. Setelah sang CEO mengatakan kepada analis bahwa perusahaan tersebut mempunyai potensi untuk memproduksi 2 juta mobil, serangkaian strategi diskon harga gagal untuk meningkatkan permintaan yang cukup untuk mendukung produksi sebanyak itu.

BYD Terus Menempel Capaian Tesla. (Dok: Bloomberg)


Produsen mobil yang berbasis di Austin ini kemungkinan akan mengirimkan lebih dari 2,1 juta kendaraan pada 2024, meskipun prospek permintaan kendaraan listrik secara keseluruhan tidak jelas, perkiraan Ben Kallo, analis di Baird, dalam sebuah catatan penelitian.