Logo Bloomberg Technoz

China Cari Lompatan Fusi Nuklir melalui Perusahaan Litbang Baru

News
02 January 2024 18:20

Bendera China. (Dok: Bloomberg)
Bendera China. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg News 

China meluncurkan sebuah perusahaan nasional baru dan membentuk koalisi raksasa industri untuk memajukan penelitian teknologi fusi nuklir.

Menurut sebuah pernyataan dari perusahaan tersebut, konsorsium yang dipimpin oleh China National Nuclear Corp diluncurkan pada 29 Desember, dengan tujuan menargetkan pengembangan fusi nuklir melalui superkonduktor suhu tinggi, penyimpanan energi berkapasitas besar, dan produksi tritium.

Kelompok ini terdiri dari 25 perusahaan milik pemerintah pusat dan lembaga penelitian, termasuk beberapa perusahaan energi dan baja terbesar di negara itu, seperti State Grid Corp, China Three Gorges Corp, dan China Baowu Steel Group Corp Ltd, demikian pernyataan tersebut.

China juga mengumumkan bahwa mereka sedang mempersiapkan untuk membentuk China Fusion Corp dalam upaya untuk memimpin pengembangan industri ini. Negara ini bersaing dengan para pesaing seperti AS, Inggris, dan Jepang untuk memajukan teknologi yang baru lahir ini. Hanya sedikit informasi mengenai struktur perusahaan yang diungkap.