Logo Bloomberg Technoz

Tes Pancasila, Jokowi Tak Lagi Angkat Jari Merujuk 1,2,3

Fransisco Rosarians Enga Geken
02 January 2024 15:35

Presiden Jokowi saat meminta warga mengucapkan Pancasila di Cilacap. (Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi saat meminta warga mengucapkan Pancasila di Cilacap. (Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak lagi mengangkat jari pada sila Pancasila yang merujuk pada nomor urut capres dan cawapres Pemilu 2024. Kali ini, dia baru mengangkat tangan dan menunjuk jari saat sila ke-4 dan ke-5.

Hal ini tampak pada saat Jokowi menyerahkan sertifikat tanah kepada warga Cilacap, Jawa Tengah, Selasa (2/1/2024). Seperti biasa, presiden meminta sejumlah warga yang hadir untuk menjawab pertanyaan berhadiah sepeda.

Seorang warga dusun Karangsari, Pandri terpilih menjabat pertanyaan Jokowi di atas panggung. Presiden pun meminta dia untuk melafalkan Pancasila. Meski sempat menunjuk jari tanda angka 1, Jokowi meminta Pandri mengulang pelafalan Pancasila.

Jokowi pun meletakkan kedua tangannya saat Pandri mengucapkan Sila ke-1 hingga ke-3. Tangan presiden baru naik dan menunjukkan jari pada saat Pandri mengucapkan Sila ke-4.

Sebelumnya, kegiatan kuis berhadiah sepeda Jokowi saat perayaan Natal Nasional di Surabaya menuai polemik. Pada saat itu, kamera Sekretariat Presiden melakukan close up atau jari Jokowi saat menunjuk Sila ke-2.