Logo Bloomberg Technoz

Jokowi: Image Preman Sudah Hilang dari Terminal Bus RI

Dovana Hasiana
02 January 2024 13:05

Terminal Tipe A diresmikan oleh Presiden Jokowi (BKIP Kemenhub)
Terminal Tipe A diresmikan oleh Presiden Jokowi (BKIP Kemenhub)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeklaim bahwa citra atau image terminal bus yang dipenuhi oleh preman sudah tidak lagi melekat pada fasilitas tersebut di Indonesia.

Pernyataan ini disampaikan saat Jokowi hendak meresmikan 4 stasiun yang dibangun oleh Kementerian Perhubungan. Mereka a.l. Terminal Purworejo Kabupaten Purworejo, Terminal Mendolo Kabupaten Wonosobo, Terminal Purboyo Kota Madiun, dan Terminal Patria Kota Blitar.

“Mestinya yang namanya terminal bus seperti ini. Tadi saya sudah lihat ke dalam. Kalau dahulu yang namanya terminal bus, image-nya adalah preman. Ini sudah hilang,” ujar Jokowi dalam agenda peresmian Terminal Purworejo, Mendolo, Purboyo dan Patria yang disiarkan secara virtual, Selasa (2/1/2024).

Menurutnya, saat ini terminal bus dilihat sebagai tempat pelayanan untuk transportasi umum di Indonesia. Bahkan, terminal juga dilihat sebagai salah satu tempat yang memberikan dukungan kepada peningkatan ekonomi dan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Pada kesempatan tersebut, Jokowi juga menginstruksikan kepada Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi untuk memastikan bahwa terminal-terminal di Indonesia memiliki standar yang sama, sehingga tidak terjadi ketimpangan dalam hal kualitas dan pelayanan.