Logo Bloomberg Technoz

Khawatir Resesi, Konsumen Inggris Akan Kurangi Belanja di 2024

News
29 December 2023 17:50

Seorang berdiri di depan toko jam tangan Inggris. (Dok: Bloomberg)
Seorang berdiri di depan toko jam tangan Inggris. (Dok: Bloomberg)

Lucy White - Bloomberg News

Bloomberg, Konsumen Inggris semakin khawatir tentang kondisi kesehatan keuangan mereka dan memilih berhemat menuju tahun 2024, yang menghidupkan kembali kekhawatiran bahwa ekonomi dapat mengarah ke resesi.

Menurut sebuah survei dari KPMG, meskipun inflasi saat ini telah turun atau tetap stabil selama sembilan bulan berturut-turut, 41% konsumen mengatakan bahwa mereka merasa kurang aman secara finansial dibandingkan dengan akhir tahun 2022.

Data terpisah dari Barclaycard menunjukkan belanja kartu kredit meningkat hanya 4,1% selama 2023 meskipun harga terus meningkat, kurang dari setengah kenaikan 10,6% tahun lalu dan mendekati tingkat inflasi. Angka-angka tersebut menunjukkan bahwa rumah tangga telah mengurangi belanja pakaian, makan di luar, dan perbaikan rumah.

Berdasar hasil survei Barclaycard, banyak pembeli menyadari bahwa uang mereka tidak dapat dibelanjakan dengan baik. Pada puncaknya di September, 76% menyadari adanya "penyusutan harga"--di mana produk dijual dengan harga yang sama, tapi isinya lebih sedikit.