Logo Bloomberg Technoz

AS Pastikan Keamanan Laut Merah di Tengah Serangan Houthi

News
29 December 2023 09:40

Houthi mendekati kapal Galaxy Leader di Laut Merah pada 20 November. (Sumber: Handout/Getty Images)
Houthi mendekati kapal Galaxy Leader di Laut Merah pada 20 November. (Sumber: Handout/Getty Images)

Courtney McBride dan Daniel Flatley - Bloomberg News

Bloomberg, Militer AS berupaya meyakinkan perusahaan pelayaran bahwa pasukan gabungan internasional menjaga keamanan jalur pelayaran di Laut Merah dan Terusan Suez. Pernyataan tersebut disampaikan meskipun serangan kelompok pemberontak Houthi yang berbasis di Yaman masih belum menunjukkan tanda-tanda akan berhenti.

Letnan Kolonel Angkatan Udara Bryon McGarry, juru bicara Departemen Pertahanan AS untuk Timur Tengah dan Afrika, mengatakan pada Kamis dalam email tanggapan atas pertanyaan bahwa Pentagon "secara rutin terlibat dengan industri pelayaran untuk mengukur kebutuhan dan memberikan kepastian bahwa komunitas internasional siap membantu kelancaran perjalanan."

Namun, sejauh ini upaya tersebut belum cukup meyakinkan sebagian besar perusahaan pelayaran untuk mengambil risiko mengirimkan kapal mereka melalui jalur tersebut. Mereka khawatir drone atau rudal Houthi dapat menembus pertahanan dan menyerang kapal-kapal.

"Butuh waktu bagi perusahaan pelayaran untuk memahami situasi keamanan," kata Mark Cancian, pensiunan perwira Marinir dan penasihat senior di Center for Strategic and International Studies di Washington. "Jika AS dan koalisi berhasil mempertahankan keamanan jalur pelayaran, saya rasa mereka akan kembali melintas. Tapi saat ini mereka belum benar-benar yakin."