Logo Bloomberg Technoz

Daftar 40 Kota yang Akan Dibangun Anies-Muhaimin Setara Jakarta

Fransisco Rosarians Enga Geken
29 December 2023 06:40

Anies di Debat Capres (Andrean/Bloomberg Technoz)
Anies di Debat Capres (Andrean/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pasangan calon nomor urut 01, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Anies-Muhaimin) mendapat sorotan saat mengumbar janji kampanye akan membangun 40 kota menjadi megapolitan setara Jakarta. Hal ini diungkap sebagai kebijakan tandingan terhadap pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

"Kemajuan itu dibangun bukan dengan membangun kota baru, tapi mengembangkan kota yang sudah ada," kata Anies dikutip dari rekaman kampanye dengan mahasiswa se-Jawa Tengah di GOR Jatidiri. "Sehingga [kota-kota itu] menjadi penggerak roda ekonomi di seluruh Indonesia."

Menurut dia, pembangunan IKN adalah kebijakan membangun kota besar dari nol atau lahan kosong. Kebijakan ini akan menghabiskan dana besar dan hanya akan menciptakan pemusatan baru.

Sedangkan pembangunan 40 kota setara Jakarta adalah kebijakan mengembangkan sejumlah kota yang telah ada. Kota-kota ini hanya dibantu dan didorong lebih berkembang sehingga pemerataan ekonomi dan pembangunan bisa tercapai.

"Saat ini, 57% penduduk Indonesia tinggal di perkotaan. Pada 2050, akan ada 75% penduduk Indonesia tinggal di perkotaan," kata Anies. "Kalau tidak disiapkan dari sekarang kita akan mengalami masalah yang sama."

Pasangan Capres dan Cawapres Anies Baswedan & Muhaimin Iskandar saat debat Cawapres di JCC, Jumat (22/12/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)