Logo Bloomberg Technoz

Lebih lanjut, Erick telah mengingatkan seluruh BUMN untuk menjaga titik aman antara proyek-proyek vital dengan lokasi permukiman masyarakat. 

“Sejak awal kami sudah menekankan pada seluruh BUMN yang masuk pada kawasan objek vital. Tidak hanya kilang, tetapi juga pupuk yang seperti di Sumatra Selatan pun, buffer antara titik keamanan dan titik masyarakat masih terlalu dekat. Inilah yang mau kami tata ulang, tidak hanya di Pertamina, tetapi juga PLN dan [BUMN] pupuk supaya ada batasan-batasan keamanan untuk bisa masyarakat tinggal,” jelasnya. 

Erick juga berharap agar masyarakat memiliki kesadaran bahwa kawasan yang berada dekat proyek-proyek vital tidak aman digunakan sebagai areal permukiman. 

“Semoga masyarakat jadi mengerti juga bahwa kawasan itu tidak aman, jangan ditinggalkan kembali,” kata Erick.

Sebelumnya, Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Alfian Nasution mengonfirmasi kronologi kejadian bahwa salah satu pipa penerimaan di mengalami kebakaran pada Jumat sekitar pukul 20.00 WIB. 

Dalam kaitan itu, tim pemadam Integrated Terminal Jakarta beserta Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota (Sudin Damkar) Jakarta Utara berhasil memadamkan api secara menyeluruh pada sekitar pukul 22.00 WIB.

Pertamina juga gerak cepat mengaktifkan skema distribusi Reguler, Alternatif, dan Emergency (RAE) dengan bantuan suplai dari Terminal BBM (TBBM) Tanjung Gerem, TBBM Cikampek, Fuel Terminal Bandung Group dan TBBM Balongan, untuk memastikan kebutuhan BBM masyarakat di wilayah Jawa Bagian Barat tetap dapat terpenuhi dengan baik.

“Pertamina memastikan pasokan BBM untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah Jawa Bagian Barat tidak mengalami kendala dan penyaluran BBM telah kembali normal ” ujar Alfian.

(tar/wdh)

No more pages