Logo Bloomberg Technoz

Cara Menghemat Baterai HP iPhone dan Android Selama Libur Nataru

Muhammad Fikri
27 December 2023 11:40

Ilustrasi pemakaian ponsel HP. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi pemakaian ponsel HP. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ponsel HP atau handphone merupakan barang penting yang hampir menjadi kebutuhan pokok manusia untuk dipenuhi. Kegunaan HP sendiri juga beragam, salah satunya menghilangkan rasa jenuh saat dalam perjalanan liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang tentu menghabiskan waktu cukup panjang.

Penggunaan HP atau ponsel merupakan salah satu jalan keluar dari kebosanan selama di perjalanan. Namun, jika digunakan dengan cara yang tidak benar, maka kinerja baterai akan terasa boros. Daya baterai cepat menurun seiring dengan kesalahan penggunaan.

Berikut merupakan beberapa tips untuk menghemat penggunaan baterai HP Androind maupun iPhone selama masa perjalanan liburan Nataru.

Android

Menggunakan Mode Pesawat

Mode pesawat atau airplane mode merupakan fitur yang tersedia pada setiap ponsel yang ditujukan untuk mematikan koneksi internet pada ponsel. Dengan mengaktifkan mode pesawat, ponsel akan bertahan lebih lama dan menghemat konsumsi baterai. Namun patut dicatat bahwa penggunaan mode pesawat mengakibatkan ponsel anda dalam kondisi offline atau tanpa internet. Jadi Anda disarankan menggunakan mode pesawat saat tidak ingin menggunakan ponsel.

Mengaktifkan Mode Hemat Daya

Pada ponsel tertentu, terdapat fitur mode hemat daya. Mode hemat daya dapat mempengaruhi kinerja ponsel dengan tujuan untuk menghemat penggunaan daya baterai. Setelah penggunaan mode hemat daya, ponsel Anda akan dibatasi kinerjanya tidak seperti sebelumnya, dan pengaturan lainnya akan otomatis disesuaikan dengan tujuan mengurangi konsumsi penggunaan baterai ponsel Anda.

Nonaktifkan Fitur Lokasi