Logo Bloomberg Technoz

Cara Sembunyikan Chat Whatsapp dengan Kode Rahasia

Redaksi
15 December 2023 15:55

WhatsApp. (Dok: Bloomberg)
WhatsApp. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Layanan media sosial dan pesan singkat WhatsApp baru menguji coba fitur kode rahasia atau Secret Code, tujuannya menyembunyikan percakapan. 

Fitur kode rahasia ini merupakan bagian dari fitur Lock Chat yang telah rilis sebelumnya. Artinya WhatsApp Secret Code hanya bisa dibuka saat Lock Chat dalam mode tidak aktif.

Bagi Anda yang ingin menikmati fitur ini terlebih dahulu menambahkan kode rahasia dalam WhatsApp yang telah di-install. Seluruh percakapan yang masuk kategori ini akan tersimpan dalam folder Locked Chats.

Ini cara mengaktifkan Kode Rahasia atau Secret Code pada WA:

  • Buka aplikasi WhatsApp pada ponsel. Aktifkan sistem keamanan ganda pada ponsel, seperti sidik jari atau scan wajah.

  • Setelah proteksi ganda telah diaktifkan, pilih percakapan yang ingin dimasukan dalam kategori ingin disembunyikan. Tekan dan tahan percakapan tersebut > Pilih fitur Lock Chat.

  • Percakapan ini sudah dkunci, dan hanya dapat dibuka dalam folder Locked Chats. Untuk mengetahui posisinya, percakapan terpilih ini berada pada bagian atas pada daftar pesan.

  • Buka folder Locked Chats untuk mengaktifkan kode rahasia dengan pilih dan tekan “Pilihan/Settings”.

  • Pilih Secret Code dan tambahkan kode rahasia yang dapat dibuat tanpa batasan, bisa mengkombinasikan angka, huruf, atau simbol.

  • Aktifkan pilihan Hide Locked Chats. Untuk selanjutnya kode rahasia dapat dipakai untuk Locked Chats.

  • Untuk mencari daftar chat yang telah disembunyikan dengan kode rahasia bisa, Anda bisa mencari pada kolom pencarian di WA.

  • Akan muncul folder Locked Chats dan bisa dibuka dengan bantuan scan wajah atau pemindai sidik jari.

Kode Rahasia pada WhatsApp. (Dok: Perusahaan)

WhatsApp menjelaskan fitur ini khusus untuk pengguna yang merasa salah satu percakapannya lebih sensitif. Fungsi kode rahasia sebagai langkah tambahan perlindungan, sehingga chat lebih sulit ditemukan oleh orang yang memiliki akses ke ponsel Anda atau saat Anda berbagi ponsel dengan orang lain.