Logo Bloomberg Technoz

Mematikan fitur lokasi pada ponsel merupakan salah satu cara signifikan untuk mengurangi konsumsi baterai ponsel. Anda dapat mematikan fitur lokasi dengan membuka "Pengaturan" pada ponsel, lalu pilih menu "Lokasi". lalu pilih matikan lokasi.

Lakukan Pembersihan Cache

Anda dapat meminimalisir penggunaan baterai dengan membersihkan cache yang sudah tidak Anda gunakan. Untuk melakukan pembersihan anda bisa lakukan dengan membuka menu "Pengaturan", lalu pilih "Manajemen Aplikasi", lalu pilih "Google Play Service" dan pilih "Bersihkan Cache". Dengan pembersihan cache akan meringankan penggunaan baterai pada ponsel Anda.

Membatasi Penggunaan Aplikasi

Penggunaan aplikasi yang terlampau banyak secara bersamaan menyebabkan pemborosan konsumsi baterai. Untuk meminimalisir konsumsi baterai secara berlebihan, Anda dapat menutup aplikasi yang sudah tidak digunakan.

Smartphone Samsung (Sumber: Samsung)

Turunkan Tingkat Kecerahan Layar

Pada setiap ponsel dilengkapi dengan fitur Auto Brightness atau kecerahan layar otomatis. Namun, fitur tersebut membuat ponsel bekerja lebih ekstra untuk menyesuaikan kecerahan layar dengan sekitar yang menyebabkan pemborosan terhadap konsumsi baterai.

Gunakan Mode Gelap

Berhubungan dengan mengatur tingkat kecerahan layar, menggunakan mode gelap juga dapat menghemat konsumsi baterai. Dengan penggunaan mode gelap, ponsel tidak akan diberatkan oleh tingkat kecerahan layar.

iPhone

Mengurangi Kecerahan Layar

Tidak jauh berbeda dengan ponsel Android, pada perangkat iPhone kecerahan layar juga mempengaruhi penggunaan baterai. Cara mengurangi kecerahan layar pada tampilan awal, slide ke atas untuk menemukan pintasan Pengaturan, lalu turunkan kecerahan layar.

Mengaktifkan Fitur Mode Hemat Daya

Iphone memiliki fitur hemat daya seperti di Android. Dengan mengaktifkan fitur ini, pengguna dapat menghemat penggunaan daya baterai dengan signifikan.

Mengaktifkan Mode Do not Disturb

iPhone memiliki fitur "Jangan ganggu" atau Do not Disturb, yang membuat notifikasi aplikasi tertentu tidak akan muncul, Sehingga dapat mengurangi konsumsi penggunaan baterai cukup signifikan.

iPhone 15. (Dok: Bloomberg)

Nonaktifkan Fitur Lokasi

Mematikan fitur lokasi juga berpengaruh pada kinerja iPhone. Dengan mematikan fitur lokasi Anda tidak dapat berbagi lokasi dengan orang lain, namun dapat menghemat penggunaan baterai pada ponsel.

Nonaktifkan Background App Refresh

Penggunaan aplikasi berlebihan juga dapat menguras baterai. Dengan mematikan fitur background app refresh, Anda dapat meminimalisir konsumsi baterai yang berlebihan pada ponsel.

(fik/wep)

No more pages