Logo Bloomberg Technoz

Bila Jadi Presiden, Ganjar akan Minta KBRI-KBRI 'Jual' Jamu

Pramesti Regita Cindy
26 December 2023 14:45

Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo saat debat perdana di Kantor KPU, Selasa (12/12/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo saat debat perdana di Kantor KPU, Selasa (12/12/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengatakan bahwa produk jamu harus semakin maju dan mendunia. Namun hal tersebut memang selama ini masih terganjal perizinan fasilitas hingga pengembangan produk.

Ganjar menerima aspirasi terkait perizinan dan fasilitas yang dikeluhkan dalam upaya mengembangkan produk jamu, khususnya pendirian koperasi.

Ganjar pada saat mengunjungi Pasar Jamu Nguter di Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo pada Selasa (26/12/2023) mendengar aspirasi para pengusaha dan penjual jamu. Lebih jauh, politikus PDIP ini mengatakan, nantinya agar produk jamu lokal bisa semakin mendunia, kantor-kantor kedutaan besar Indonesia (KBRI) di luar negeri bisa menjadi "warung" utama dalam memasarkan produk jamu asli Indonesia.

"Penting untuk kawan-kawan duta besar kalau, kantor duta besar jadi outletnya, sehingga ada tamu disuguhi jamu, lalu dia menceritakan jamu, rasanya ini promosi yang cukup bagus," ungkap Ganjar, dikutip dari keterangan resmi TPN Ganjar-Mahfud, Selasa (26/12/2023).

"Kita akan dorong itu biar kita menjadi pusat herbal dunia," sambung dia.