Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Bangun 25 Bandara Baru Sejak Jadi Presiden

Dovana Hasiana
20 December 2023 15:00

Suasana dalam terminal dengan dinding motif batik di Bandara Kertajati. (Dok: Dovana Hasiana/Bloomberg Technoz)
Suasana dalam terminal dengan dinding motif batik di Bandara Kertajati. (Dok: Dovana Hasiana/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo mencatatkan sejumlah capaian infrastruktur sejak menjabat presiden 2014-2023. Kementerian Perhubungan mencatat di bawah kepemimpinan Jokowi, total terbangun 25 bandara dan 18 pelabuhan baru.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, dalam rangka menyediakan pelayanan dasar dan peningkatan konektivitas, Kementerian Perhubungan telah membangun infrastruktur sektor transportasi pada 4 moda utama dalam rentang waktu 2014-2023. 

“Bagaimana kita menciptakan konektivitas tapi juga membuat Indonesiasentris, tidak bicara tentang Jawasentris,” ujar Budi dalam agenda Jumpa Pers Akhir Tahun (JPAT), di Kantor Kemenhub, Rabu (20/12/2023). 

Dalam paparannya, Budi juga menjelaskan terdapat pembangunan pelabuhan penyeberangan pada 71 lokasi, rehabilitasi pelabuhan penyeberangan di 54 lokasi, pembangunan terminal tipe A di 5 lokasi dan rehabilitasi/revitalisasi terminal tipe A di 140 lokasi. 

Selain itu, terdapat pembangunan pelabuhan baru di 18 lokasi dan rehabilitasi pelabuhan di 164 lokasi. Selanjutnya, terdapat pembangunan bandara baru di 25 lokasi dan rehabilitasi bandara di 38 lokasi.