Logo Bloomberg Technoz

PTPP Masih Jauh dari Sikap Standstill yang Dialami WIKA & WSKT

Mis Fransiska Dewi
20 December 2023 12:00

Proyek Jalan Tol SemarangDemak PTPP. (Dok ptpp.co.id)
Proyek Jalan Tol SemarangDemak PTPP. (Dok ptpp.co.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Pembangunan Perumahan Tbk (PTPP) menyatakan kondisi keuangan perusahaan masih dalam keadaan baik, hingga jauh dari sikap standstill seperti yang dilakukan oleh dua BUMN Karya lainnya, PT Waskita Karya Tbk (WSKT) dan PT Wijaya Karya (WIKA). 

Standstill merupakan kesepakatan berupa penundaan pembayaran kewajiban dari perusahaan kepada para kreditur.

“Dengan operasi dan dari sisi kemampuan menjadikan cash flow, PTPP masih baik,” kata Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PTPP Agus Purbianto dalam paparan publik, Rabu (20/12/2023).

Sampai saat ini, PTPP masih mendapatkan kepercayaan dari kreditur, khususnya Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dan para vendor yang loyal. Itu terbukti saat PTPP menghadapi Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) hingga PTPP dapat lolos dari jeratan ini.

“Jadi, insya Allah terkait dengan kondisi PTPP sampai dengan saat ini baik-baik saja dan kami tidak ada niatan untuk melakukan standstill. Berdasarkan evaluasi dari rencana produksi kami, rencana cash flow kami, PTPP masih sanggup untuk memenuhi kewajiban kepada lender atas bunga maupun pokok utang,” jelas Agus.