Logo Bloomberg Technoz

Korban Tewas Gempa di China Bertambah Jadi 130 Orang

News
20 December 2023 09:50

Gempa bumi di China. (Sumber: Bloomberg)
Gempa bumi di China. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News 

Bloomberg, Jumlah korban tewas akibat gempa bumi terburuk di China sejak tahun 2014 meningkat menjadi lebih dari 130 orang. Pemerintah pun meminta para pejabat tinggi untuk mengawasi upaya pemulihan.

Diberitakan stasiun TV pemerintah, China Central Television, pada Selasa, sebanyak 113 orang tewas di wilayah pedesaan di provinsi Gansu. Sementara 18 orang dilaporkan tewas di provinsi tetangga, Qinghai. Lebih dari 730 orang dilaporkan luka-luka.

China telah mengirim Wakil Perdana Menteri Zhang Guoqing, anggota dari Politbiro Partai Komunis yang beranggotakan 24 orang, ke daerah yang terdampak gempa berkuatan 6,2 skala Rtchter pada Senin malam. Zhang, ketua komisi bantuan bencana nasional, melakukan kunjungan tersebut setelah Presiden China Xi Jinping menyerukan upaya meminimalkan korban jiwa akibat bencana tersebut.

Video dan gambar di media sosial China menunjukkan rumah-rumah bata yang hancur, dan beberapa bagian jalan yang runtuh. Foto lain menunjukkan dapur dan tenda makan yang dipasang setelah sekitar 155.000 rumah di provinsi Gansu rusak.